Tips Keamanan Aplikasi Seluler Untuk Menghindari Risiko

Tips Keamanan Aplikasi Seluler Untuk Menghindari Risiko
Tips Keamanan Aplikasi Android

Tips Keamanan Aplikasi Seluler Untuk Menghindari Risiko, Lebih dari 5 miliar penduduk dunia menggunakan ponsel. Aplikasi seluler adalah penghasil pendapatan utama bagi banyak bisnis kecil dan perusahaan. Namun, ancaman aplikasi terhadap kehilangan data dan peretasan juga telah meningkatkan kebutuhan akan keamanan aplikasi seluler.

Setiap kriteria bisnis yang paling penting adalah melindungi informasi penting pengguna mereka. Tetapi karena meningkatnya kasus penipuan digital dari peretas terkenal - tugas pengembang aplikasi seluler menjadi lebih menantang dari sebelumnya.

Artikel ini membahas tentang cara peretas atau malware - menyerang keamanan aplikasi dan tips efektif untuk mengamankan aplikasi seluler

Pernahkah Anda menghitung kecepatan unduhan aplikasi seluler di seluruh dunia? Apakah Anda ingin mengembangkan aplikasi seluler untuk perawatan kesehatan, perjalanan, atau bisnis Anda lainnya, Anda harus selalu memperhatikan tentang menjaga keamanan aplikasi sebagai kriteria utama.

Memiliki ide aplikasi seluler yang out-of-the-box itu bagus. Sebagian besar fokus pengembangan aplikasi tetap pada desain yang sempurna, fitur inovatif, dan fungsionalitas yang hebat.

Jika diabaikan, pelanggaran keamanan aplikasi Seluler dapat membuat Anda kehilangan kepercayaan selamanya. Mengembangkan aplikasi yang aman membutuhkan banyak lapisan keamanan di backend, perangkat seluler, dan saluran komunikasi.

Industri seluler telah berkembang pesat menjadi tidak ada habisnya. Toko aplikasi seluler dipenuhi dengan segudang aplikasi seluler, berusaha untuk menarik pengguna.

Namun, banyaknya jumlah aplikasi seluler telah menciptakan persaingan yang ketat. Meskipun jumlah penggunaan bertambah dan adopsi meningkat, ancaman terbesar bagi kesuksesan aplikasi adalah keamanan. Mengapa Masalah Keamanan Aplikasi Seluler Sangat Penting?

Pengguna sangat memperhatikan privasi data dan keamanan mereka. Kasus pembobolan data dibahas secara luas, keamanan aplikasi merupakan faktor penentu keberhasilan.

Ini adalah ukuran yang mengamankan aplikasi dari ancaman eksternal tertentu seperti malware dan penipuan digital, mempertaruhkan informasi penting keuangan dan pribadi dari peretas terkenal.

Bahkan pelanggaran kecil dalam sistem keamanan dapat memberi peretas akses gratis ke kehidupan pribadi secara real-time untuk mengungkapkan data seperti informasi perbankan, lokasi saat ini, informasi pribadi, dan data penting lainnya. Apa Yang Terjadi Saat Keamanan Aplikasi Seluler Lemah?


Secara global, 5,19 miliar orang menggunakan ponsel dan menghabiskan 90% waktunya untuk aplikasi. Aplikasi seluler adalah penghasil pendapatan yang signifikan bagi banyak bisnis; namun, kekayaan intelektual atau data sensitif aplikasi menarik peretas.

Pengguna memercayai bisnis dan organisasi untuk menguji aplikasi mereka karena alasan keamanan sebelum membuatnya tersedia secara online. Meski demikian, Indeks Keamanan Aplikasi Seluler 2020 mengungkapkan beberapa fakta mengejutkan.

  • 43% perusahaan tidak memiliki anggaran untuk mengamankan aplikasi seluler.
  • .39% perusahaan tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk mengamankan aplikasi seluler mereka.
  • .33% perusahaan tidak pernah menguji aplikasinya untuk memastikan keamanan bagi pengguna.

Fakta dan angka di atas adalah nyata. Ini adalah bahan bakar yang cukup bagi peretas untuk menembus celah keamanan di aplikasi dan memanfaatkan semua data yang paling rentan.

Penjahat dunia maya itu kreatif. Mereka dapat mengakses kamera ponsel, mikrofon, dan lokasi untuk membuat klon aplikasi yang meyakinkan. Peretas menggunakan beberapa strategi untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi dan mengeksploitasi pengguna.

Beberapa risiko keamanan aplikasi seluler standar meliputi:


# 1: Tidak Ada Otentikasi Multifaktor


Pengguna biasanya bersalah karena menggunakan satu kata sandi yang tidak aman untuk banyak akun. Pertimbangkan jumlah pengguna yang dimiliki aplikasi Anda. Bahkan jika kata sandinya aman, peretas menguji kata sandi di aplikasi lain yang dapat menyebabkan serangan terhadap bisnis.

Otentikasi multifaktor menggunakan 2 dari 3 kemungkinan faktor otentikasi. Namun, itu tidak bergantung pada kata sandi sebelum mengesahkan identitas pengguna. Dengan otentikasi tambahan, menjadi sulit bagi peretas untuk menerobos. Beberapa contohnya adalah - jawaban untuk pertanyaan pribadi, kode konfirmasi SMS, otentikasi biometrik, dll

# 2: Enkripsi Buruk


Enkripsi sangat penting untuk keamanan. Enkripsi mengubah data menjadi kode yang sulit diuraikan. Ini hanya dapat dilihat setelah diterjemahkan kembali dengan kunci rahasia. Sederhananya, enkripsi dapat mengubah urutan kunci kombinasi apa pun. Sayangnya, peretas memiliki kemampuan berbakat untuk mengambil kunci.

Data Symantec menunjukkan bahwa 13,4% dari semua perangkat konsumen dan 10,5% dari semua perangkat perusahaan tidak memiliki enkripsi. Peretas dapat dengan mudah memiliki data pribadi dalam format teks biasa jika mereka dapat memperoleh akses ke salah satu perangkat tersebut.

Namun, perusahaan yang menggunakan enkripsi sama-sama rentan terhadap risiko keamanan aplikasi seluler. Pengembang membuat kesalahan manusia, dan peretas memanfaatkannya. Saat mengenkripsi aplikasi, penting untuk menilai seberapa mudah peretas dapat memecahkan kode aplikasi.

Ancaman keamanan ini dapat menimbulkan konsekuensi serius, termasuk pencurian kekayaan intelektual, pelanggaran privasi, pencurian kode, kerusakan reputasi, dll.

# 3: Rekayasa Terbalik - Anti-Perusakan


Rekayasa terbalik adalah ancaman bawaan. Aplikasi terkena ancaman ini selalu karena sifat pengkodean dan pemrograman.

Jumlah metadata yang tersedia dalam kode pengembangan aplikasi seluler untuk debugging juga membantu penyerang memahami bagaimana aplikasi berfungsi.

Rekayasa terbalik adalah alat yang mengungkapkan bagaimana aplikasi berfungsi di backend mereka, mengungkapkan algoritme enkripsi, memperbaiki mode sumber, dll. Kode Anda mungkin merugikan Anda untuk memberi jalan bagi peretas profesional

# 4: Kode Berbahaya


Formulir, komentar, dan konten buatan pengguna lainnya sering kali diabaikan sebagai potensi ancaman bagi keamanan aplikasi. Misalnya, formulir login - ketika pengguna memasukkan nama pengguna dan kata sandi mereka, aplikasi berkomunikasi dengan data di server untuk otentikasi. Aplikasi yang tidak membatasi penggunaan karakter yang digunakan untuk menjalankan risiko injeksi kode ke server untuk akses.

Sekalipun satu baris JavaScript dimasukkan ke dalam formulir login tanpa menjaga karakter seperti titik dua atau tanda sama dengan, mereka dapat dengan mudah mengakses informasi pribadi.

# 5: Penyimpanan


Jika penyimpanan data tidak aman, hal itu dapat menyebabkan pelanggaran. Ini bisa terjadi di beberapa tempat dalam aplikasi: penyimpanan cookie, database SQL, penyimpanan data biner, dll. Penyebabnya mungkin kerentanan di sistem operasi, kompilator, kerangka kerja, atau perangkat yang di-jailbreak.

Peretas dapat mengubah informasi aplikasi dan saluran yang sah segera setelah mereka mengakses perangkat atau database-nya.

Bahkan sistem enkripsi yang paling canggih pun gagal saat perangkat di-root atau di-jailbreak. Akibatnya, peretas dapat melewati batasan OS dan bahkan menghindari enkripsi. Tips Menjaga Perangkat Anda Dengan Praktik Terbaik Keamanan Aplikasi Seluler

Keamanan aplikasi seluler adalah tantangan kehidupan nyata. Kami sedang menghadapinya sekarang dan mungkin terus melakukannya.

Alat yang digunakan pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasi seluler sama dengan yang digunakan peretas untuk mengeksploitasinya.

Terlepas dari perjuangan berkepanjangan untuk membuat aplikasi anti-hack, beberapa perusahaan aplikasi seluler terbesar menerapkan beberapa praktik terbaik berikut untuk melindungi dan menggunakan tanpa kompromi:

# 1: Otentikasi Sisi Server

Dalam situasi tertentu, sisi server memberikan permintaan otentikasi multifaktor hanya jika otorisasi berhasil. Jika aplikasi menyimpan data di sisi klien dan hanya tersedia di perangkat seluler, pastikan data terenkripsi hanya dapat diakses jika kredensial berhasil divalidasi.

Jika Anda memiliki autentikasi tetap, seperti fungsi "ingat saya", jangan simpan sandi perangkat. Buat beberapa token otentikasi untuk ponsel yang berbeda.

# 2: Algoritma Kriptografi

Satu-satunya cara untuk menangkis pelanggaran apa pun yang terkait dengan enkripsi adalah dengan menghindari data sensitif yang disimpan di perangkat, termasuk kata sandi dan kunci kode keras. Ini bisa tersedia untuk peretas dalam teks biasa atau bahkan digunakan oleh penyerang untuk mengakses server utama.

Secara teoritis, iOS memiliki alat perlindungan yang tepat untuk menghentikan rekayasa balik melalui enkripsi kode. Namun, ini bukanlah solusi yang pasti. Anda harus berasumsi bahwa penyerang profesional, dan mereka dapat mendekripsi informasi dengan mudah.

Bahkan algoritme enkripsi yang paling kuat tidak dapat mencegah pelanggaran jika Anda tidak mengadopsi strategi manajemen kunci yang tepat. Aplikasi Anda harus dilindungi dari kerentanan seperti serangan biner.

Jangan gunakan algoritme yang tidak digunakan lagi kecuali Anda adalah pakar keamanan. Jangan buat protokol enkripsi Anda. 

# 3: Validasi Input

Validasi input diperlukan untuk memastikannya memenuhi standar pemeriksaan kesehatan. Peretas selalu mencari peluang saat menguji validasi input. Mereka menjelajahi situs untuk potensi data yang salah format.

Validasi input memastikan bahwa hanya data yang diharapkan yang diteruskan melalui kolom input. Misalnya, saat Anda mengupload gambar di aplikasi seluler, file harus memiliki ekstensi yang sesuai dengan ekstensi file gambar standar dan berukuran wajar pada saat yang bersamaan.

Jika validasi gambar tidak menentukan parameter yang melarang ukuran file atau jumlah piksel yang tidak wajar, peretas dapat mengupload file berbahaya yang mengklaim sebagai gambar.





Semua bidang masukan, termasuk audio, video, bidang formulir, dan masukan baris perintah, rentan. Hal ini menyebabkan jailbreak iPhone pertama. 

# 4: Model Ancaman

Pemodelan ancaman membangun pembela data. Metode tersebut digunakan untuk memahami masalahnya. Model ancaman yang baik memastikan bahwa tim harus memahami cara beroperasi secara berbeda pada OS, platform, transfer API eksternal, kerangka kerja, dan menyimpan data. Namun, membangun kerangka kerja ini dan menghubungkan API pihak ketiga juga dapat menyebabkan aplikasi menjadi tidak efisien. 

# 5: Menyamarkan Untuk Mencegah Rekayasa Balik

Apakah mungkin untuk mencegah rekayasa balik?
Dalam kebanyakan kasus, pengembang memiliki alat dan keterampilan untuk membuat tiruan yang meyakinkan dari UI aplikasi seluler tanpa mendapatkan akses ke kode sumbernya. Di sisi lain, logika bisnis membutuhkan lebih banyak usaha.

Beberapa alat tingkat komersial tersedia untuk membuat logika bisnis tidak dapat dipahami. Pengembang menggunakan alat yang berbeda seperti indentasi untuk membuat kode yang lebih mudah dibaca oleh manusia, meskipun komputer mungkin tidak peduli tentang pemformatan. Karenanya, mengecilkan, atau menghapus semua spasi, memungkinkan pemeliharaan fungsionalitas dan menyulitkan peretas untuk membaca kode.





Pengujian penetrasi, seperti peretasan etis, adalah alat pengembangan aplikasi seluler yang penting, di mana pengembang berusaha menemukan satu atau lebih kerentanan untuk dieksploitasi sebagai peretas. Meskipun sebaiknya bersiap menghadapi risiko keamanan aplikasi seluler sejak awal, kekhawatiran ini kemungkinan besar akan tetap ada selama siklus hidup bisnis. Kepatuhan adalah pertimbangan penting lainnya untuk keamanan aplikasi seluler. Sangatlah penting untuk memahami bagaimana keamanan aplikasi seluler akan ditangani dalam kondisi yang berbeda.

Mengembangkan aplikasi seluler yang aman membutuhkan kolaborasi seluruh tim, antara pengembang ahli, pemasar, ahli keamanan, dan bahkan eksekutif tingkat C. Protokol keamanan apa pun untuk kekuatan kata sandi dan penggunaan piksel pelacakan analitik adalah beberapa strategi keamanan yang membutuhkan dukungan dari seluruh tim.

Waptrans
Waptrans ๐Ÿ‘ฎ‍♂️๐Ÿ‘‰ Waptrans.com : WebSite seputar Tutorial Teknologi dan Informasi Terpercaya.๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ’

Post a Comment for "Tips Keamanan Aplikasi Seluler Untuk Menghindari Risiko"